Breaking News
Loading...





Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pasokan gas untuk transportasi mulai dialokasikan pada tahun depan. Tahun ini pembagian 14.000 konverter kit tidak terlaksana.

Direktur Usaha Pembinaan Hilir Migas Kementerian ESDM Umi Asngadah mengatakan untuk mendorong pengembangan gas untuk transportasi, Pemerintah telah menyediakan pasokan gas tahun 2012 sebesar 35,5 juta kaki kubik per hari dan tahun depan sebanyak 44,5 mmscfd serta tahun 2014 sebesar 84,2 mmscfd.

"Karena pembagian 14.000 konverter kit untuk transportasi umum belum dapat terlaksana, maka tahun depan masih akan menggunakan pasokan gas sisa tahun 2012," ujarnya di Jakarta, Selasa (25/12).

Dia mengatakan berdasarkan roadmap pembangunan SPBG, pada 2011 telah dibangun 4 unit SPBG CNG di Palembang. 2012 rencananya akan dibangun di Surabaya dan Jabodetabek. Sedangkan tahun 2013, direncanakan akan dibangun di Kalimantan Timur. Sementara Cirebon, Pekanbaru dan Sengkang akan dibangun SPBG tahun 2014.

Pemerintah, kata dia, terus mendorong kebijakan diversifikasi BBM ke bahan bakar gas, termasuk untuk sektor transportasi. PT Pertamina mendapat penugasan untuk melakukan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar gas berupa CNG, hingga 2013. Sementara itu mulai 2014 mendatang, swasta didorong untuk mengembangkan SPBG CNG melalui alokasi pasokan gas.

Dia menegaskan upaya mendorong swasta membangun SPBG CNG, sesuai dengan Perpres Nomor 64 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Bahan Bakar Gas Untuk Transportasi Jalan.

"Program konversi BBM ke bahan bakar gas memiliki tiga tujuan utama yaitu mengendalikan subsidi BBM sehingga mengurangi beban fiskal, mengurangi beban biaya bahan bakar pemilik kendaraan dan mengendalikan lingkungan dari polusi udara," katanya.

Apakah anda setuju untuk mengkonversi BBM ke LPG ?