Breaking News
Loading...


Unit LPG & Gas Products merupakan salah satu unit bisnis di Pertamina yang memasarkan LPG dan produk-produk gas lainnya di Indonesia. Sejak tahun 1968, Unit LPG & Gas Products telah berkomitmen untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan LPG sebagai bahan baku dan bahan bakar Industri, Rumah Tangga, dan Komersial dengan menggunakan brand "Elpiji". Akhir-akhir ini, Elpiji menjadi lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat karena adanya program Pemerintah untuk mengkonversi Minyak Tanah dengan Elpiji, yang ternyata telah terbukti lebih ekonomis, efisien dan ramah lingkungan.

Dalam era langit biru, Gas Domestik memegang peranan penting dalam menyukseskan program ini. Disamping Elpiji, sejak tahun 1987 Unit LPG & Gas Products juga telah menyuplai bahan bakar gas dengan menggunakan CNG (Compressed Natural Gas), dibawah brand "BBG". Pada tahun 2004 diluncurkan brand "Musicool", suatu hidrokarbon refigerant yang ramah lingkungan, menjadi satu bukti dari komitmen kami untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik karena menjaga lapisan ozon dari kerusakan dan efek pemanasan global. Pada tahun 2009 Unit Bisnis LPG & Gas Products meluncurkan produk baru yaitu produk Elpiji premium dengan brand Ease Gas. Produk Ease Gas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pasar rumah tangga menengah keatas dan industri. Ease Gas dipasarkan dalam dua kemasan tabung yaitu tabung 9 Kg dan tabung 14 Kg, dijual dengan harga keekonomian dengan keunggulan dibandingkan produk Elpiji lainnya yaitu :
  1. Kualitas dan tampilan tabung yang lebih elegant dengan warna kuning keemasan mengkilat, bersih dan terbuat dari baja terbaik berstandar SNI.
  2. Valve tabung Ease Gas dilengkapi dengan technologi double spindle sehingga memberikan tingkat safety yang lebih baik.
  3. Layanan prima dengan layanan antar ke tempat konsumen atau melalui call center ( 62 – 21) 7294655 atau melalui contact Pertamina 500-000.
Untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen, Unit bisnis LPG & Gas Products membagi wilayah pemasarannya menjadi enam area pemasaran yang dipimpin oleh Manajer Region yaitu :
  • Region I, melingkupi Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Daratan dan Riau Kepulauan.
  • Region II, melingkupi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung.
  • Region III, melingkupi area DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Jawa Barat, Kalimantan Barat.
  • Region IV, melingkupi area Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
  • Region V, melingkupi area Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT.
  • Region VI, melingkupi area Kalimantan Timur, Sulawesi dan Papua.
  • Region VI, melingkupi atas area Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.
Saat ini, diversifikasi energi merupakan suatu keharusan dalam rangka mengantisipasi krisis minyak bumi disebabkan adanya kecenderungan penurunan cadangan minyak bumi. Bersama dengan Laboratorium dan Riset PT. Pertamina (Persero), Unit LPG & Gas Products mengembangkan LPG untuk transportasi, atau LGV (Liquefied Gas for Vehicle).

Menghadapi pemenuhan kebutuhan energy yang kian kompleks dan kompetitif, PT Pertamina ( Persero ) telah berkomitmen untuk melakukan transformasi bisnis disemua kegiatannya. Unit bisnis LPG & Gas Products secara terus menerus dan berkelanjutan mengembangkan produk produknya, untuk mendukung infrastruktur yang handal dan memberikan pelayanan yang lebih baik sera memberikan dukungan terbaik bagi pemerintah Republik Indonesia, masyarakat dan lingkungan.

1. LPG
 
Saat ini pertamina memiliki 15 depot LPG yang tersebar di lima region pemasaran LPG. Tabel dibawah ini adalah daftar depot beserta informasi kapasitas, alamat dan nomor telpon.

No. Nama Depot Region Alamat No. Tlp
1 DEPOT TANJUNG UBAN Reg 1 Batam -
2 DEPOT TANDEM Jl. Medan Tanjungpura Tlp. 061. 926409
3 DEPOT PANGKALAN SUSU Sumatera Utara -
4 DEPOT P. LAYANG Jl. Sungai Rebu, Palembang Tlp. 0711. 642695  Fax. 0711. 542702
5 DEPOT TJ. PRIOK Reg 2 Jl. Jampea No. 1 Tlp. 021. 490484  Fax. 021. 490484
6 DEPOT BALONGAN Jl. Raya Balongan Km. 8, Indramayu Tlp. 0234. 7374269
7 DEPOT ERETAN Indramayu, Jawa Barat -
8 DEPOT CILACAP Reg 3 Jl. MT. Haryono, Cilacap Tlp. 0282. 545880 
9 DEPOT SEMARANG * Semarang, Jawa Tengah -
10 DEPOT TANJUNG PERAK Reg 4 Jl. Niam Barat, Surabaya Tlp. 031. 3294215
11 DEPOT TTM MANGGIS Jl. Raya Karang Asem Desa Manggis Tlp. 0363. 41593
12 DEPOT GRESIK* Gresik, Jawa Timur -
13 DEPOT TANJUNG WANGI* Banyuwangi, Jawa Timur -
14 DEPOT BALIKPAPAN Reg 5 Jl. Minyak Balikpapan Tlp. 0542. 731901
15 DEPOT MAKASSAR Jl. Moch.Hatta No. 1 Tlp. 0411. 319211

*) Gresik, rencana operasi 23 Mei 2009 Semarang, rencana operasi 23 Agustus 2009 Tanjung Wangi, rencana operasi 5 Desember 2009 

2. SPPBE
 
SPPBE SWASTA

SPPBE Swasta Merupakan filling plant milik pihak ketiga (swasta), yang bertugas untuk mengangkut, mengisikan dan menyerahkan LPG baik dalam bentuk tabung ataupun curah kepada Agen yang ditunjuk oleh PERTAMINA. LPG diambil dari LPG FP PERTAMINA, Kilang, dan Lapangan Gas. Stok LPG di SPPBE merupakan milik PERTAMINA (sistem konsinyasi). Setiap bulan di SPPBE dilakukan stok opname. Besar losses yang diizinkan di setiap SPPBE adalah 0% dari truput bulanan (zero losses). SPPBE swasta yang telah Beroperasi sebelum program konversi sebanyak 49 unit dan akan dibangun di tahun 2009 - 2012 sebanyak 163 unit (sudah ada ijin).

SPPBE COCO
SPPBE COCO adalah SPPBE yang kepemilikan dan kepengurusannya dilakukan oleh PT. Pertamina. Sebelum program konversi, PT. Pertamina hanya mengandalkan SPPBE dari swasta saja. Pada tahun 2008 telah dibangun 17 unit SPPBE COCO. Selanjutnya hingga tahun 2010 nantinya akan dibangun sebanyak 90 unit SPPBE COCO. 

Berikut kami lampirkan daftar SPPBE terbaru untuk seluruh Indonesia, klik disini untuk mengunduh.

4. SPPEK

SPPEK (Stasiun Pengisian dan Pengiriman Elpiji Khusus) merupakan mini filling plant pihak swasta, yang terletak di remote area. SPPEK adalah hasil reposisi dari APPEL, berlaku efektif 1 April 2007. Selanjutnya kerjasama untuk pengisian dan pengangkutan Elpiji di daerah remote ditetapkan dalam bentuk SPPEK.

Filling fee ditanggung oleh PERTAMINA sedangkan transportation fee ditanggung oleh konsumen (dimasukkan dalam struktur harga jual). Oleh karena itu harga jual ELPIJI ex SPPEK akan lebih mahal daripada harga jual ELPIJI ex LPG FP ataupun ex SPPBE, tetapi lebih murah dari harga APPEL.
  • Kapan dibangun SPPEK dan bukan SPPBE ? Jika:
    • SPPEK terletak di daerah yang cukup jauh dari LPG FP PERTAMINA ataupun SPPBE yang sudah exist. Dengan adanya SPPEK akan menghemat transportation fee PERTAMINA daripada dibangun SPPBE, tetapi membantu memperluas jangkauan pasar ke konsumen.
    • Harga jual Agen ex SPPEK dapat lebih murah daripada jika Agen mengambil ke LPG FP PERTAMINA ataupun SPPBE.
    • Apabila pengangkutan LPG bulk dari LPG FP PERTAMINA / Supply Point ke SPPEK melalui angkutan air atau kondisi jalan darat yang dilalui tidak layak.

  • Saat ini baru terdapat 4 SPPEK antara lain.

Pemilik Region Alamat SPPEK
PT. Bina mulia Jaya Abadi Region 1 Jl. Sungai Daeng no 95, Muntok Bangka, Telp:0716-21777, Fax:0716-21775
PT. delta Adiguna Region IV Cakranegara/ Lombok Barat, Jl. Ade Irma Suryani, gg. Kencana no 1, Lombok Nusa Tenggara Barat
PT. Agrabudi Karyamagra Region V Jl. A. Yani Km. 23.900 no 1A, Landasan Ulin Banjarbaru, Kalsel, Telp:0511-4706172, Fax:0511-4705876
PT. Gemilang Asia Sejahtera Region II Jl. Nusa Indah Baru Blok G No 1-2, Pontianak Kalbar, Telp:0561-747563, Fax:0561-742353

5. SPBG

SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) adalah stasiun tempat pengisian bahan bakar untuk kendaraan yang menggunakan produk bahan bakar gas. Untuk saat ini baru terdapat sebanyak 16 SPBG yang tersebar di daerah DKI Jakarta. Berikut kami lampirkan daftar SPBG.

No Alamat Operator
1  Jl. Raya Pluit Pertamina
2  Jl. Pemuda
3  Jl. Pasar Minggu
4  Jl. Tebet Timur
5  Jl. Sumenep
6  Jl. Margonda Raya
7  Jl. Raya Bogor
8  Jl. Wr. Buncit
9  Jl. Benda Kalideres
10  Jl. Sudirman Tangerang
11  Jl. Pondok Ungu (PGN) Swasta
12  Jl. Pesing (PPD)
13  Jl. Danau Sunter
14  Jl. A. Yani
15  Jl. Daan Mogot
16  Jl. Perintis-Kemerdekaan

6. Agen Elpiji

Agen elpiji merupakan badan usaha yang berbadan hukum (PT/Koperasi). Saat ini terdapat lebih dari 1500 agen elpiji yang tersebar di seluruh Indonesia. Agen elpiji membeli ELPIJI secara cash kepada PERTAMINA, dengan lokasi pengambilan berada di LPG FP PERTAMINA atau SPPBE. Persyaratan umum Agen (baru):
  • Memiliki kantor dan gudang, minimal seluas 400 m2. Gudang digunakan untuk menyimpan tabung kosong maupun isi, terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar. Lantai gudang dibuat setinggi bak truk.
  • Memiliki APAR yang cukup, baik di gudang ataupun di truk.
  • Memiliki gas detector.
  • Memiliki kendaraan untuk mengangkut ELPIJI, minimal 2: 1 unit truck dan 1 unit pick up.
  • Memiliki alat timbangan yang sudah ditera Metrologi.
  • Memasang papan nama.
  • Memiliki izin yang dibutuhkan.
Berikut adalah daftar agen elpiji.
7. Agen Musicool

Agen musicool adalah badan usaha yang mempunyai hak untuk mendistribusikan produk Musicool ke rumah tangga maupun industri. Saat ini terdapat sekitar 68 agen Musicool yang tersebar di seluruh region pemasaran di Indonesia. Kesemua agen Musicool telah memahami dan menguasai cara penanganan Musicool dengan baik dari aspek tatacara pengisian/retrofit dan aspek keselamatan kerja. Selain itu agen Musicool dapat memberikan penjelasan/penyuluhan/presentasi tentang Musicool kepada calon pengguna di industri dan jasa service.

Berikut kami lampirkan daftar agen musicool, klik disini untuk mengunduh.

Apakah anda setuju untuk mengkonversi BBM ke LPG ?