Breaking News
Loading...


APA ITU CNG?

Gas alam terkompresi (Compressed natural gas, CNG) adalah alternatif bahan bakar selain bensin atau solar. Di Indonesia, kita mengenal CNG sebagai bahan bakar gas (BBG). Bahan bakar ini dianggap lebih 'bersih' bila dibandingkan dengan dua bahan bakar minyak karena emisi gas buangnya yang ramah lingkungan. CNG dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam. CNG disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan, biasanya berbentuk silinder.

Konversi ke CNG difasilitasi dengan pemberian harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan bahan bakar cair (bensin dan solar), peralatan konversi yang dibuat lokal dan infrastruktur distribusi CNG yang terus berkembang.

Sejalan dengan semakin meningkatnya harga minyak dan kesadaran lingkungan, CNG saat ini mulai digunakan juga untuk kendaraan penumpang dan truk barang berdaya ringan hingga menengah.
Sesungguhnya di Indonesia, CNG bukanlah barang baru. Pencanangan untuk menggunakan CNG yang harganya lebih murah dan lebih bersih lingkungan daripada bahan bakar minyak (BBM) sudah dilakukan sejak tahun 1986.
  
Apa perbedaan antara LPG dan CNG?

  1. CNG pada dasarnya terdiri dari metana sedangkan LPG adalah campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya.
  2. Perbedaan penting lain dari sudut pandang fisik adalah bahwa CNG tidak mencair di bawah tekanan tinggi - dan akan tetap menjadi bentuk gas, kecuali didinginkan setidaknya - 164 ° C. LPG, di sisi lain akan menjadi cair bila ditekan atau saat didinginkan (karena itu Nama "Liquefied Petroleum Gas").
  3. CNG secara langsung berasal dari daerah gas. Satu-satunya proses yang kadang-kadang perlu dilakukan, adalah menyaring gas terlebih dahulu. Tapi biasanya, gas dapat langsung digunakan sebagai bahan bakar setelah proses kompresi. Namun bagaimanapun juga, LPG, adalah produk buatan. Ini adalah campuran dari beberapa gas yang telah disebutkan di atas. Oleh karena itu, gas-gas ini perlu dicampur, sebelum mereka dapat digunakan sebagai bahan bakar. 
  4. CNG memiliki bagian besar dari Hidrogen dan karena itu lebih ringan daripada udara (atribut ini sebenarnya membuat CNG sangat aman: sekali ada kebocoran dalam sistem, gas hanya akan dilepas ke atmosfer). LPG di sisi lain, adalah dua kali lebih berat seperti udara. Gas ini biasanya merupakan produk- hasilan yang menumpuk dari pengeboran minyak serta penyempurnaan minyak.
 Kapankah sumber gas alam akan musnah?

Sumber daya minyak mentah diperkirakan akan musnah dalam abad ini. Namun, ladang gas alam dikatakan cukup memiliki pasokan sampai abad berikutnya. Karena itu pasokan di masa mendatang akan lebih memiliki pasokan yang lebih banyak dari pada di masa-masa sekarang

KEUNTUNGAN DENGAN CNG

  • Harga gas lebih murah dibandingkan dengan harga BBM tak bersubsidi
  • Penghematan lebih dari 50%
  • Mesin produksi lebih bersih sehingga dapat menekan biaya perawatan
  • Lebih aman dibandingkan dengan BBM atau LPG karena gas lebih ringan dari udara sehingga tidak mudah terbakar
Teknologi yang digunakan untuk mendistribusikan gas bumi dalam tabung bertekanan tinggi.
 
Perbandingan dengan bahan bakar alternatif lainnya:

* Sebagai bahan bakar alternatif yang lebih ekonomis / hemat dibandingkan dengan
- Solar -> Rp 4956,- / liter;*
- LPG -> Rp 7000,- / Kg LPG
- CNG -> Rp 3200,- / liter setara diesel (indikasi), Rp 3800,- / Kg setara LPG (indikasi)
* Mesin produksi lebih tahan lama, lebih bersih dan mengurangi biaya perawatan
* Tekanan gas dapat disesuaikan dengan kebutuhan pihak industri
Note: sudah termasuk losses di transportasi, penyimpanan dan biaya lain.

Sistem Mother Daughter Station:

  • Mother station atau filling station akan dibangun di titik serah distributor atau produsen gas
  • Trailer-trailer tabung CNG akan diisi gas di Mother station ini untuk kemudian didistribusikan ke pelanggan-pelanggan yang tersebar dalam radius ± 200 km dari Mother Station 
  • PT. Suropati Cahaya Timur Group akan membangun Decanting Station / Daughter Station di setiap lokasi industri konsumen CNG
  • Industri akan dipasang diesel to gas conversion kit (dual fuel)
  • Teknologi CNG ini tepat untuk industri dengan kebutuhan gas hingga 1.5 MMSCFD atau setara dengan 1125 KL setara diesel per bulan.
Spesifikasi Gas:

* Methane : 95% - 97%
* Gross Heating Value : 8,000-10,658 Kcal/M3 (900-1200 BTU/SCF)
* SG : 0.55 - 0.85
* Water Content : 0.16028 gr/M3 (10 Lbs/MMSCF)
* Temperature : 300 C - 380 C (850 F - 1000 F)
* CO2 : Max 5%

Apakah anda setuju untuk mengkonversi BBM ke LPG ?